Piala Dunia 2022 Grup G, Prediksi Swiss vs Kamerun. Keunggulan Swiss yang Baru Sebatas di Atas Kertas

JAKARTA – Prediksi Swiss vs Kamerun Piala 2022 dalam laga pembuka Grup G memang cukup pelik. Walau banyak yang cenderung menjagokan Swiss, namun Kamerun adalah skuad yang tidak bisa diremehkan.

Tekad kuat tim ini sangat besar untuk bisa melesat lebih jauh di gelaran sepak bola empat tahunan ini. Hal ini nanti yang coba dibuktikan dalam laga tersebut.

Pertandingan yang menyajikan Kamerun vs Swiss akan berlangsung pada Kamis ( 24/11/22 ) di Al Janoub Stadium. Melihat performa yang dimiliki Swiss di beberapa laga terakhir sepertinya mampu lebih unggul atas Kamerun nantinya.

Namun perlu diingat, jika momentum Piala Dunia memang selalu menampilkan hasil mengejutkan. Tidak bisa dipungkiri jika nantinya skuad asuhan Rigobert Song bisa tampil kesetanan untuk memuncaki grup dan lolos babak 16 besar.

Berikut informasi mengenai prediksi Swiss vs Kamerun di Piala Dunia 2022 yang telah kami rangkum dari berbagai sumber;

 

Prediksi Swiss vs Kamerun Piala Dunia 2022 

Swiss memang lebih unggul di atas kertas dibandingkan Kamerun. Hal ini dapat diketahui dengan mudah dari peringkat FIFA yang menunjukkan posisi keduanya. Saat ini Swiss menempati rangking 14 FIFA sedangkan Kamerun berada di peringkat 38.

Terlebih Swiss bisa melaju dengan mudah menembus babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Swiss bahkan tampil unggul dan menekuk timnas Italia di babak penyisihan Grup C.

Catatan bersih yang dimiliki Swiss di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 berupa 5 kemenangan, 3 imbang dan tidak sekalipun kalah. Ini menjadi bahan bakar percaya diri skuad asuhan Murat Yakin untuk bisa tampil unggul.

Terlepas dari keunggulan Swiss atas Kamerun di atas kertas, perlu diingat jika Kamerun bukanlah tim debutan di ajang Piala Dunia. Skuad berjuluk The Indomitable Lions ini menjadi wakil Afrika yang sering pentas di ajang sepak bola empat tahunan.

Grup G terbilang grup yang seimbang meski Brasil terlihat paling menonjol sendiri. Jika dilihat dari peta kekuatannya, maka Swiss, Serbia, dan Kamerun terbilang berada dalam posisi yang setara.

Mereka bisa saling mengalahkan dan pertarungan pertama di antara ketiga tim tersebut, boleh jadi akan menentukan hasil akhir tentang siapa yang berhak menemani Brasil ke babak gugur. Tentu, hal ini dilandasi asumsi bahwa tidak ada kejutan yang menimpa Tim Samba tersebut.

Timnas Swiss tidak berangkat ke Qatar dalam kondisi yang baik. Mereka sukses meraih tiga kemenangan beruntun kontra Portugal, Spanyol, dan Republik Ceko pada medio Juni dan September 2022.

Namun begitu, tim asuhan Murat Yakin ini menderita kekalahan 0-2 dari Ghana dalam uji coba sebelum Piala Dunia 2022. Jika dilihat lebih jauh, Swiss pun hanya mampu menang tiga kali dari sembilan laga yang mereka lakoni di sepanjang tahun 2022, dengan lima di antaranya berakhir kekalahan.

Kendati begitu, Rossocrociati – julukan Timnas Swiss – tetap tidak boleh diremehkan. Mereka memaksa Italia ke play-off pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang pada akhirnya gugur sebelum masuk putaran final, dan menaklukkan Prancis di babak 16 besar Piala Eropa 2020 lalu.

Sementara itu, Kamerun akhirnya kembali ke Piala Dunia setelah melewatkan edisi di Rusia empat tahun lalu. Mereka sukses menyingkirkan Aljazair dalam babak play-off Piala Dunia 2022 zona afrika setelah unggul gol tandang dalam agregat 2-2.

Terbukti jika Kamerun selalu menemui jalan mudah untuk lolos babak Kualifikasi Piala Dunia. Namun menjelang gelaran laga kontra Swiss di babak pembukaan penyisihan Grup G, tim ini belum menemukan kekuatan utamanya untuk bisa tampil maksimal.

Terlihat dari 11 laga terakhir Kamerun mencatat hasil 4 menang, 2 imbang dan 4 kekalahan. Hal ini akan menjadi tugas berat bagi Vincent Aboubakar dan kawan-kawan untuk bisa mengungguli Swiss. Terlebih Swiss salah satu skuad dengan performa yang cukup stabil.

 

Susunan Pemain Swiss vs Kamerun

Begitu pula timnas Kamerun yang juga terancam menampilkan gelandang bertahan andalannya di Piala Dunia 2022. Sebab Andre-Frank Anguissa mengalami cedera pada bulan Oktober ketika berlaga bersama Napoli.

Namun keduanya tetap masuk dalam daftar pemain yang akan berlaga pada laga pembukaan Grup G Piala Dunia 2022. Meskipun keadaannya masih belum pulih sepenuhnya seperti sedia kala.

Swiss ( 4-2-3-1 ) : Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Silvan Widmer; Granit Xhaka, Remo Freuler; Noah Okafor, Djibril Sow, Xherdan Shaqiri; Breel Embolo

Pelatih : Murat Yakin.

Kamerun ( 4-3-3 ) : Andre Onana; Collins Fai, Nicolas N’koulou, Jean-Charles Castelletto, Enzo Ebosse; Olivier Ntcham, Andre-Frank Anguissa, Samuel Gouet; Toko Ekambi, Eric Choupo-Moting, Bryan Mbeumo

Pelatih : Rigobert Song

 

Head To Head Swiss vs Kamerun 

Laga pembuka Grup G Piala Dunia 2022 merupakan laga perdana yang mempertemukan keduanya. Swiss dan Kamerun belum pernah bertemu dalam berbagai ajang pertandingan selain Piala Dunia 2022.

Adapun hasil 5 pertandingan terakhir yang dilakoni Swiss dan juga Kamerun untuk menjadi acuan performa keduanya di laga pembuka yang akan dilaksanakan pada Kamis ( 24/11/22 ) nantinya.

Hasil 5 pertandingan terakhir Swiss :

Swiss vs Ghana 0-2

Swiss vs Republik Ceko 2-1

Spanyol vs Swiss 1-2

Swiss vs Portugal 1-0

Swiss vs Spanyol 0-1

Hasil 5 pertandingan terakhir Kamerun :

Kamerun vs Panama 1-1

Kamerun vs Jamaika 1-1

Korea Selatan vs Kamerun 1-0

Uzbekistan vs Kamerun 2-0

Kamerun vs Guinea Khatulistiwa 2-0

 

Demikian informasi mengenai prediksi Swiss vs Kamerun di Piala Dunia 2022, semoga dapat menambah wawasan bagi anda sekalian.