Violent Night: Film Baru di Bioskop Untuk Menemani Libur Natal Akhir Tahun Ini. David Harbour Ternyata Bisa Tampil Ganas.

ITF-BOOKS.com, Jakarta Hari ini, Rabu ( 30/11/2022 ) film Violent Night mulai tayang di bioskop-bioskop seluruh Tanah Air. Dari poster dan klip-klip video yang telah ditampilkan, film ini merupakan salah satu film yang dibuat untuk merayakan Natal dan musim liburan di akhir tahun ini.

Film Violent Night berdurasi sekitar 112 menit dan digarap oleh Tommy Wirkola, yang sebelumnya telah membuat Hansel & Gretel : Witch Hunters pada tahun 2013 silam.

Dilansir IMDb, Violent Night berlatar di malam perayaan Malam Natal. Diceritakan bahwa sekelompok orang dengan niat buruk memasuki properti pribadi satu keluarga kaya di Malam Natal. Sinterklas pun terpaksa harus turun tangan untuk menghentikan rencana jahat itu dan menyelamatkan perayaan Malam Natal.

Violent Night dibintangi David Harbour sebagai Sinterklas. David Harbour terkenal setelah membintangi serial Stranger Things di Netflix. Selain itu, aktor kelahiran 10 April 1975 ini juga telah membintangi beberapa film terkenal seperti Hellboy ( 2019 ) dan Black Widow ( 2021 ).

Violent Night bergenre aksi dan komedi-gelap. Dilansir Dexerto, sang sutradara juga menyebut bahwa Violent Night terinspirasi dari film Natal lain seperti Die Hard ( 1988 ).

 “Saya mendapat naskah ( film ini ) dari produser 87 North, yang merupakan teman lama saya. Mereka mengatakan pada dasarnya ( film ) ini adalah Die Hard dengan ( tokoh ) Santa Claus. Yang mana benar di satu sisi – memang seperti itu. Tapi film ( ini ) lebih dari itu,” ucapnya kepada Dexter.

 

Mirip Home Alone

Selain Die Hard ( 1988 ), Violent Night juga mengambil inspirasi dari film Natal terkenal lainnya yakni Home Alone ( 1990 ). Dilansir The Hollywood Reporter dalam reviewnya, terdapat tokoh seperti Kevin McCallister yang memasangi rumahnya dengan berbagai jenis jebakan.

“Trudy ( diperankan Leah Brady ), yang berhasil menyelinap ke loteng, mulai membuat jebakan untuk melindungi dirinya sendiri. Dengan kata lain, Violent Night menjadi ulangan dari film Die Hard dan Home Alone, tetapi dibawa lebih ekstrem di bawah arahan berdarah ( Tommy ) Wirkola yang berlebihan,” tulis dalam review The Hollywood Reporter.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Variety dalam reviewnya :

“Tapi karena “Violent Night” adalah film Natal, semuanya menyenangkan! Terutama ketika Trudy ( Leah Brady ), putri Jason ( Alex Hassell ) yang berusia 7 tahun, satu-satunya anggota terhormat dari klan Lightstone, menjadi seperti “Home Alone” abad pertengahan di atas para penjajah rumah. Tangga dipasang jebakan sehingga tenggorokan ditusuk dengan paku; kepala dikuliti; rasa sakit itu dikeluarkan,” tulisnya.

Pemutaran film Violent Night di bioskop Indonesia pada hari ini, Rabu, 30 November 2022, tercatat lebih cepat jika dibandingkan dengan pemutaran di pasar domestik Amerika Serikat.

Berdasarkan ulasan dari beberapa orang yang sudah menyaksikannya, mereka menyebutkan bahwa Violent Night seperti gabungan antara film klasik akhir tahun Home Alone yang berkolaborasi dengan Die Hard atau Elf dengan John Wick.

Selain memberi penghormatan pada film Christmas Vacation, dengan hadirnya D’Angelo, Violent Night juga mengadaptasi sejumlah referensi dari Home Alone. Trudy Lightstone ( Leah Brady ) menemukan dirinya dalam situasi yang mirip dengan Kevin McCallister di mana orang jahat mengejarnya.

Setelah menonton Home Alone, dia menggunakan jebakan serupa untuk melawan para penjahat. Namun alih-alih menertawakan kesengsaraan Joe Pesci dan Daniel Stern, orang-orang yang menyerang rumah Trudy menemui nasib yang jauh lebih realistis dan mengerikan.

 

David Harbour Tampil Ganas

Untuk penampilan David Harbour, dikatakan bahwa performa aktor Stranger Things ini sangat memukau. Di review IGN, David Harbour menampilkan tokoh Sinterklas yang sangar. Dalam bertarung, Sinterklas ini menggunakan berbagai senjata.

“Harbour berdiri setebal Redwood dalam pakaian kulit merahnya, menggunakan segala sesuatu mulai dari toppers bintang yang dialiri listrik hingga karangan bunga yang berkilauan untuk menang melawan psikopat yang disewa Scrooge ( masing-masing dengan nama kode musiman yang lucu seperti Frosty dan Jingle ),” tulis IGN.

David Harbour juga berhasil “menciptakan kembali tokoh Sinterklas sebagai pahlawan aksi berotot hanya dengan sihir yang berkelap-kelip, karung mainan tanpa akhir, dan gulungan yang dapat dibaca dengan nama musuh yang ‘nakal’,”

 

Nilai Sementara

Sejauh ini di Rotten Tomattoes film Violent Night telah mendapatkan skor 83 persen dari 12 kritik. Salah satu kritikus memberi pujian dengan menyebut bahwa “Violent Night menghadirkan semangat Natal ke dalam film aksi gore-first sesuai yang diiklankan berkat performa hebat David Harbour.”

Di Metacritic, film ini mendapatkan skor 65 dari 100. Lalu di IMDb, film ini mendapatkan rating 8.0 dari 10.0. Penilaian itu didapat dari 35 pengguna IMDb. Tentunya skor-skor tersebut dapat berubah, entah naik atau turun, mengingat film ini baru saja dirilis. Di Amerika Serikat sendiri, Violent Night baru akan dirilis pada tanggal 2 Desember. Sebelumnya film ini telah melakukan pemutaran perdana dunia di New York Comic Con pada 7 Oktober 2022.